Jenis Instalasi Flow Meter Pada Air Limbah Industri

Dalam perihal pemasangan flow meter, tak sekedar prosedur penentuan berasal dari jenis yang mesti Anda perhatikan, Anda termasuk mesti tahu berkenaan langkah menginstal Flow Meter Air Limbah

Berikut ini empat jenis instalasi flow mtr. limbah yang mampu Anda ketahui:

Jenis Instalasi InLine Flow Sensor

Seperti kita ketahui jenis in line flow mtr. merupakan jenis flow mtr. yang paling banyak dikenal dan di gunakan.

Hampir semua jenis flow mtr. mempunyai sistem instalasi inline baik yang diaplikasikan pada liquid maupun gas. Sistem instalasi jenis inline flow mtr. dijalankan dengan memotong pipa. Sedangkan sistem koneksinya mampu mengunakan ulir, flange, triclamp atau sanitary clamp, wafer, maupun welding.

Flow Meter Air Limbah Flowma WMAG3

Jenis Instalasi Insertion Flow Sensor

Insertion flow mtr. adalah jenis flowmeter yang instalasinya dijalankan dengan langkah melubangi pipa untuk area masuk sensor kedalam pipa. Selanjutnya dipasang fitting supaya mampu mendudukan sensor flow mtr. kedalam fitting yang diperkuat dengan mur , slotting atau pins key.

Seametrics electromagnetic Insertion flow meter

Jenis Instalasi Clamp On Flow sensors

Proses instalasi flow meter clamp on dijalankan dengan menempelkan transducer. Transducer atau sensor ini dipasang pada anggota luar pipa supaya tidak berlangsung kontak secara langsung dengan cairan korosif dan besarnya tekanan.

Flowmeter clamp on merupakan jenis flow mtr. yang langkah instalasinya tidak melakukan pemotongan pipa maupun melubangi pipa.

 Clamp on flow mtr. ini menggunkan komponen sensor berasal dari jenis ultrasonic yang sering di sebut dengan transducer ultrasonic.

Prinsip Kerja berasal dari clamp on flow mtr. ultrasonic ini dengan mengukur kecepatan aliran fluid,  manfaatkan ultrasound supaya dengan perhitungan pada transmitter ultrasonic volume yang mengalir mampu terbaca.

Dengan manfaatkan sensor ultrasonik mampu mengukur kecepatan rata rata berasal dari aliran fluida didalam pipa. Hasil pengukuran rata-rata dikarenakan perbedaan waktu pada pengiriman signal dan penerimaan signal dengan aliran searah atau berlawanan.

Flow Gauge, Flow Transmitter atau Flow display

Bagian kedua berasal dari Flowmeter adalah flow gauge atau flow transmitter atau flow display, yang mempunyai manfaat menerjemahkan signal berasal dari sensor kedalam hitungan kecepatan dan lainya, yang mampu ditampilkan berwujud angka ke display dan juga memberikan ouput lainya.

Flow transmitter ini umumnya hanya terbagi didalam bentuk menyatu dengan sensor atau terpisah, yang arti dilapangan adalah compact/integral atau remote/split yang manfaatkan kabel sebagai penghubung sensor ke transmitter.

Dari flow transmitter ini flow mtr. mampu membaca dan mendeteksi kecepatan aliran atau velocity,  dengan satuan unit jarak per waktu, debit air atau kapasitas yang sering disebut dengan flow rate dengan satuan unit volume perwaktu dan juga mampu membaca volume cairan yang lewat cairan pada waktu tertentu dengan satuan unit volumetric.

Dan untuk persoalan tertentu mass flow mtr. mampu membaca mass berasal dari fluida yang mengalir didalam flow mtr. dengan satuan unit mass seperti gram, kg, ton, pounds dan lainya,

Namun jangan lupa untuk jenis pembacaan gauge atau display yang manfaatkan sistem mecahnical register ( tidak disarankan untuk air limbah) umumnya hanya mampu menampilkan hanya flow rate atau volumetrik dan tidak mampu memberikan analog output jika dilengkapi dengan sensor putaran yang menerjemahkan putaran sistem mechanical ke didalam satuan angka volume seperti red sensor atau lainya.