Perbedaan Guru Sekolah Swasta dan Guru Sekolah Negeri

Anda mungkin juga penasaran dengan perbedaan guru sekolah swasta dan guru sekolah negeri. Perbedaan tentu akan selalu ada, karena PTN dan PTS dikelola oleh dua pihak yang berbeda. Laboratorium dikelola oleh pemerintah dan kebijakannya sengaja diatur dan diputuskan bekerja sama dengan pemerintah.

Sedangkan PTS seringkali dikelola oleh dana, yang mana tujuan utama kegiatan PTS adalah mencapai misi dari dana tersebut. Perbedaan Guru Besar PNS dan dosen negeri antara lain:

Selisih Gaji

Menurut Doktor Saptaning Ruju Paminto, SP, MH ,  Perbedaan yang pertama adalah gaji, Gaji Guru Besar PNS diatur ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2015 tentang Penetapan Pokok gaji berdasarkan tingkat pendidikan.

Dengan demikian, nominal gaji dosen PNS atau dosen negeri telah ditetapkan dan akan meningkat secara bertahap tergantung masa jabatan dan pangkatnya.

Untuk guru swasta, walaupun dari segi karir, guru swasta dan guru negeri tidak jauh berbeda, namun terdapat perbedaan gaji yang signifikan. Pembicara individu dibayar per kredit atau per jam. Oleh karena itu, semakin banyak jam Anda mengajar, semakin tinggi pula gaji Anda.

Nominal biaya per SKS berbeda-beda di setiap perguruan tinggi swasta. Oleh karena itu, beberapa guru swasta mengakui gaji mereka tidak memadai.

Namun ada pula yang mengaku mendapat gaji sangat tinggi, jauh melebihi gaji profesor PNS. Sebab gajinya ditentukan oleh masing-masing PTS.

Perbedaan Kompensasi

Profesi guru terkenal memiliki gaji pokok yang tidak bisa dikatakan tinggi, namun gaji yang layak dapat diterima berkat adanya alokasi yang tidak hanya satu melainkan ganda.

Khusus bagi guru besar negeri, remunerasi yang diterimanya dapat berupa tunjangan jabatan, tunjangan profesi, tunjangan kehormatan, dan lain-lain.

Guru swasta juga menerima berbagai kompensasi, seperti kompensasi hukum untuk menjalankan fungsi pemeriksa dosen dan pembimbingan tugas akhir mahasiswa. Ada juga tunjangan koreksi dan masih banyak tunjangan lainnya.

Hanya saja besaran nominal remunerasi dosen swasta berbeda-beda dan kembali ditentukan oleh kebijakan masing-masing perguruan tinggi swasta. Dengan demikian, nominal gaji yang diterima antara guru besar di perguruan tinggi swasta satu dan lainnya akan berbeda.

Perbedaan jam kerja

Perbedaan lainnya adalah dari segi jam kerja, dosen pamong praja di lembaga publik memiliki jam kerja normal. Sebab kegiatan kampus negeri ditetapkan maksimal pada pagi hari hingga jam 4 sore. Namun hanya laboratorium BH (badan hukum) yang mampu membuka kelas malam.

Selama ini, jam kerja guru swasta disesuaikan dengan jam pelajaran yang disediakan sekolah. Oleh karena itu, kadang guru mengajar kelas malam, kadang guru mengajar biasa pada hari kerja, dan bisa juga mengajar di akhir pekan.

Perbedaan dosen swasta dan dosen negeri tidak terletak pada profesi dosen swasta atau negeri. Namun berdasarkan tiga poin di atas, Anda tidak perlu khawatir mengenai jenjang kariernya karena aturan dasar dan penerapannya sama.